Sunday, January 3, 2016

Cara Membuat Buletin Dengan MS Word

Assalamualaikum, pemirsah. sesuai niat bahwa blog ini terbit tiap senin. sekarang jam 9.25 di hari senin :) saya menulis blog. saya sebagai guru komputer biasa mengajar. kali ini saya berbagi info cara Membuat Buletin Dengan MS Word. langkahnya sebagai berikut.

1. buka Ms Word
2. pilih menu Page Layout > Margin > Custom Margin
             CARA CEPAT: dobelklik penggaris (ruler)
munculah:




3.pilih paper> pilih ukuran kertas : A4
4.pilih Margin> pages, Multiple pages: Book fold (untuk membuat format buku jadi A5)
5.ketik deh seperti biasa, bila perlu beri nomor halaman.


Judul dan Isi Buletin

Judul dan isi buletin ialah hal yang penting daripada formatnya. Judul dan isi  harus sesuai. Buletin sebaiknya berisi rubrik atau bagian-bagian. misalnya buletin untuk masjid

  • Salam pembuka (salam pihak pemimpin redaksi)
  • Kajian Utama (Headline)
  • gambar ilustrasi (agar buletin lebih menarik
  • Rubrik Doa
  • Rubrik IklanlPengumuman (bila perlu)
  • Rubrik Kuis Berhadian (Agar ada interaksi dengan pembaca)
  • alamat blog/Web penulis atau buletin
  • Jadwal shalat
contoh halaman 1 buletin yang saya buat untuk masjid AlFurqan


Boleh diprint warna jika dananya cukup, kakau belum mampu dan ingin hemat, pakai warna hitam putih saja. sebelum di print sebaiknya anda minta istri atau anak atau orang terdekat untuk membaca sebagai editor dan korektor gratis :)

Saya berencana menambah rubrik baru yaitu kuis tebak foto. misal, siapakan nama orang yang menjadi muadzin sedang iqomah. 


kirim ke BBM 24cb52a8 atau scan kode ini

begitu dulu ya, mr anas mau siap-siap mengajar excel, nanti jam 11, sekarang sudah ham 9.57 , in sya Allah, contoh buletinnya pekan depan akan saya dan foto posting di blog ini. terima kasih bin syukran ka-tsi-ran. :) . eh ternyata muridnya berhalangan hadir, jadi bisa deh hari ini saya posting foto buletin yang sudah jadi pakai daftar isi juga :) 



Assalamualaikum :)